Panitia Perkemahan 2024

By Agus Setiawan 04 Apr 2024, 13:17:43 WIB Kesiswaan
Panitia Perkemahan 2024

Pembentukan Panitia Perkemahan 2024

 

Perkemahan berasal dari kata kemah yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online bermakna tempat tinggal darurat. Kegiatan perkemahan ini bertujuan memberikan pengalaman baru kepada seseorang, dapat mengembangkan kemampuan berpikir dalam bertahan hidup ditempat yang sederhana, dapat membangun kerjasama yang kuat antar individu dan masih ada lagi tujuan lainnya.

Gerakan Pramuka Gugusdepan 07-081 dan 07-082 Pangkalan SMAN 1 Pengasih dalam hal ini Dewan Ambalan (DA) pada hari Rabu pukul 12.30 bersama dengan pembina pramuka melaksanakan pembentukan panitia perkemahan. Mengingat kegiatan ini merupakan acara puncak setelah melakukan latihan-latihan rutin setiap hari Jumat, maka pembentukan panitia dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan perkemahan. Kepantiaan DA ini diharapkan dapat membuat konsep kegiatan perkemahan secara matang dan nantinya kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Pembentukan panitia perkemahan oleh DA ini, diawali pengarahan terlebih dahulu oleh pembina pramuka. Perkemahan merupakan kegiatan besar yang akan dilakukan selama tiga hari, peserta perkemahan dari siswa kelas X yang berjumlah 216, tidak mudah untuk membuat konsep kegiatan dengan baik apabila tidak ada kerjasama yang baik pula diantara anggota DA, maka, kepanitiaan DA ini harus dibentuk dengan baik dan sungguh-sungguh sesuai dengan kemampuan individu DA agar kelak kegiatan dapat tercapai dengan sukses, ujar Kak Agus Setiawan selaku pembina pramuka. Kak Agus juga menyampaikan, setiap giat prestasi/lomba yang akan dilaksanakan harus mengandung makna Pendidikan karakter, diantaranya religius, cinta tanah air, peduli lingkungan, disiplin, sopan santun, bertanggungjawab dan mengacu pada Tri Satya dan dasa Darma Pramuka.

Kak Yajid selaku pembina pramuka menambahkan, kegiatan yang akan dilaksanakan bersifat rekreatif, tidak ada hal yang mengarah ke perpeloncoan, para DA harus dapat menjadi teladan untuk adik-adiknya.   Selain itu, hadir juga Kak Sri Widaryati selaku pembina pramuka senior menyampaikan, bahwa DA dalam bertindak, membuat konsep kegiatan, membuat rencana belanja untuk perkemahan harus selalu berkoordinasi dengan pembina pramuka agar tidak terjadi hal-hal yang mengakibatkan salah paham.

Kepanitaan DA telah terbentuk, ketua panitia terpilih adalah Fauzi Nugroho, wakil ketua panita adalah Harum Ambarwati Harti, sekretaris Dyah, Damar dan bagian-bagian lain yang sesuai. Selamat kepada panitia DA terpilih, semoga dapat melatih diri pribadi untuk menjadi calon-calon tunas muda yang kelak akan menjadi penerus generasi bangsa.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment