Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan dalam Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA

By Agus Setiawan 10 Sep 2021, 09:53:02 WIB Kurikulum

Oleh: Dra. Salami

Kegiatan sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan secara terus menerus dilakukan dengan tujuan agar meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa dan seluruh warga sekolah. Pada kesempatan ini sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan diikutsertakan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022. Tujuannya adalah agar peserta didik baru mengenal Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Kependudukan  merupakan masalah bersama yang membutuhkan kepedulian dari semua pihak. Sekolah menjadi wahana yang tepat untuk mensosialisasikan masalah kependudukan. Guru berperan strategis dalam membentuk dan mengembangkan wawasan , karakter peserta didik. Pengertian Sekolah Siaga Kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (PKKBPK) ke dalam beberapa mata pelajaran dan atau muatan lokal khusus kependudukan. Adapun tujuan dan manfaat dari pendidikan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang peduli kependudukan
  2. Peserta didik berperilaku yang mencerminkan keluarga berkualitas
  3. Peserta didik memiliki pengetahuan yang utuh tentang masalah dan manfaat kependudukan setempat
  4. Peserta didik mampu menyajikan data mikro kependudukan dalam bentuk peta, grafik atau digital untuk dianalisa sederhana
  5. Mengurangi drop out (putus sekolah) dan kasus lainnya yang banyak terjadi di sekolah
  6. Meningkatkan pengetahuan tenaga pendidik dan peserta didik akan manfaat dan dampak dari kependudukan

Adapun materi yang berkaitan dengan kependudukan diantaranya, urbanisasi, bonus demografi, kependudukan, pembentukan karakter dan perkembangan remaja. Diharapkan dengan adanya sosialisasi SSK peserta didik juga memahami tentang hal-hal yang berkaitan dengan isu-isu kependudukan seperti, jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia, masalah dan upaya mengatasinya, penduduk usia remaja di Indonesia, permasalahan dan upaya mengatasinya, penduduk usia produktif beserta tantangannya, penduduk lanjut usia, masalah dan upaya mewujudkan lansia idaman dan urbanisasi, perkembangan perkotaan, masalah dan upaya mengantisipasinya. Kaitannya dengan SSK bahwa dalam rangka meningkatkan pengetahuan khususnya peserta didik dan semua warga sekolah maka harus ada fasilitas pendukung seperti pojok kependudukan. Pojok kependudukan merupakan perpustakaan mini yang berisikan informasi program KKBPK baik dalam bentuk design berupa gambar, grafik, peta dan ornament-ornamen kependudukan baik manual maupun digital. Tujuan dan manfaat dari pojok kependudukan adalah meningkatkan literasi KKBPK, meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai KKBPK.

Selain pojok kependudukan dalam SSK terdapat Forum Muda Mudi Peduli Kependudukan yang merupakan komunitas anak muda yang mempunyai minat terhadap isu-isu kependudukan, menjalankan aktifitas-aktifitas yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang tema kependudukan baik bagi dirinya maupun lingkungan di sekitarnya. Tujuan dari forum muda mudi peduli ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda mengenai kependudukan dan meningkatkan sikap kritis generasi muda mengenai kependudukan melalui aktifitas diskusi dalam komunitasnya. Dalam SSK ada sarana publikasi yang dapat diakses seperti Instagram, Facebook dan juga website. Semua kegaiatan SSK dimuat dalam media tersebut dengan tujuan agar  lebih mempermudah dalam menyebarluaskan informasi masalah kependudukan. (tim laman, 10/9/1021)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment