Pemanfaatan PADLET sebagai Media Pembelajaran Daring tentang Upaya Pernikahan Dini di SMA N 1 Pengas

Pembelajaran dengan media daring sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat yang berlaku diseluruh wilayah Indonesia termasuk SMA N 1 Pengasih. Pembelajaran melalui media daring ini memerlukan tantangan tersendiri bagi pendidik karena yang awalnya tatap muka harus memberikan pembelajaran dan pembimbingan melalu media daring. Pendidik juga harus selalu memperbaruhi perkembangan teknologi. model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran berbasis daring seperti menggunakan aplikasi Zoom, Microsoft Team dan Google Meet. Dalam media pembelajaran SMA N 1 Pengasih sudah menggunakan berbagai media yang juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam melibatkan peserta didik dalam proses pelatihan sehingga akan menambah motivasi belajar. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan media pembelajaran berbasis daring. Salah satu media daring yang dapat digunakan dengan melibatkan peserta didik adalah Padlet.
Padlet adalah papan tulis online dengan memfasilitasi peserta didik untuk memasukkan catatan di tempat umum. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk berbagi catatan dengan orang lain dalam bentuk link, gambar, video dan dokumen yang berbeda. PADLET sebagai web 2.0 menitik beratkan pembelajaran berbasis internet menjadi sebuah alternatif pembelajaran yang menyenangkan. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dalam fitur PADLET untuk pembelajaran. Berikut manfaat dari pembelajaran berbantuan PADLET (Mohamed Amin Embi: 2014) Menurut Elizabeth (2010) (dalam Mohamed Amin Embi(2014)) PADLET memiliki beberapa fitur yang menunjang pembelajaran. Berikut fitur-fitur dalam PADLET
1. Aktivitas Penulisan Pesan Fitur ini memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk berkomunikasi berupa pesan atau teks.
2. Aktivitas diskusi Fitur ini mampu mengakomodir diskusi dalam kelas virtual. Diskusi ini dapat dilakukan antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa atau diskusi dengan kelompok secara kolabiratif.
3. Aktivitas Bertutur Fitur ini mampu menjembatani untuk siswa yang mengalami masalah untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan yakni dengan bertutur secara tulisan. Aktivitas ini dapat berupa perbincangan tentang suatu gambar atau video, gambar, ataupun penulisan topik yang didiskusikan.
4. Merekam Aktivitas Pembelajaran Salah satu kelebihandaari PADLET adalah hasil diskusi dapat disalin atau di rangkum filenya dalam beberapa format sehingga memudahkan siswa untuk medekumentasikan
Sosialisasi media pembelajaran dengan menggunakan padlet ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada peserta didik tentang kegunaan padlet tersebut. Selain itu juga memberikan arahan kepada peserta didik tentang tata cara penggunaan padlite, berikut adalah tata cara penggunaan padlite yang dapat dipergunakan peserta didik.
1. Kunjungi padlet.com. Klik tombol bertulisan Create Something atau Make a Wall.
2. Tarik foto dari desktop atau direktori di komputer untuk menempatkannya di dinding Anda
3. Klik ganda pada foto untuk menamainya. Ketik judul atau keterangan foto.
4. Klik atau ketuk di tempat kosong di dinding. Mulailah mengetik untuk membuat pesan.
5. Klik setiap elemen di dinding untuk memperbesarnya dan membuatnya lebih mudah untuk dilihat.
6. Salin URL di peramban. URL ini dimulai dengan "padlet.com/wall/" lalu diikuti dengan kode alfanumerik yang unik untuk dinding Anda.
7. Pilih tanda plus di kolom sebelah kanan untuk memulai sebuah dinding baru.