Webinar Kegiatan Pengimbasan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMP/MTS, SMA/MA/SMK Kabupaten Kulon Pr

By Agus Setiawan 10 Sep 2021, 11:48:45 WIB Kurikulum
Webinar Kegiatan Pengimbasan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMP/MTS, SMA/MA/SMK Kabupaten Kulon Pr

Kegiatan Webinar pada kesempatan ini mengambil tema pengimbasan Sekolah Siaga Kependudukan SMP/MTS, SMA/MA/SMK Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan webinar dengan peserta SMP/MTS, SMA/MA/SMK sekabupaten Kulon Progo dan dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Agustus 2021 pukul 08.00-11.00 WIB. Webinar pada kesempatan ini pesertanya tidak hanya dari jenjang SMA/MA/SMK akan tetapi juga dari jenjang SMP/MTS dengan tujuan agar lebih mempercepat penyebarluasan informasi Sekolah Siaga Kependudukan.

Dalam acara webinar Ibu Dra. Vipti Retna Nugraheni, M.Ed, Kepala SMA N 1 Pengasih menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi merupakan salah satu upaya untuk memperluas wawasan peserta didik dan semua warga sekolah. Selain itu juga merupakan salah satu bentuk  kegiatan SSK Paripurna. Sebagai Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna dalam hal ini harus melaksanakan sosialisasi SSK dan webinar merupakan salah satu diantaranya. Hal ini bertujuan agar peserta didik memiliki pengetahuan tentang kependudukan dan cara mengatasinya. Selain melalui webinar penerapan  SSK yaitu dengan mengintegrasikan mata pelajaran dengan pendidikan kependudukan.

 

Bapak Rudy Prakanto, S.Pd., M.Eng, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo (Keynote Speaker), beliau menyampaikan Sekolah Siaga Kependudukan merupakan wahana yang bagus sebagai sarana memberikan pengetahuan peserta didik tentang kependudukan. Sekarang ini masih banyak permasalahan kependudukan yang dihadapi Indonesia. Diharapkan dengan adanya Sekolah Siaga Kependudukan dapat mempersiapkan generasi penerus yang siap mengahadapi bonus demografi serta dapat membantu mengatasi masalah kependudukan. Dalam pamaparan materi beliau juga meyampaikan bahwa pandemi covid-19 juga merupakan permasalahan baru dalam kependudukan, seperti banyaknya orang meninggal, termasuk banyak anak-anak yang yatim/piatu akibat kehilangan orangtua. Diharapkan dengan adanya SSK dapat ikut serta memberikan pembekalan peserta didik tentang bagaimana mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Sekolah harus menjadi pengkondisian kependudukan.

Nara sumber pertama yaitu Bapak Drs. Mardiya,  Dinas PMD, Dalduk, KB Kabupaten Kulon Progo, beliau menyampaikan tentang hal yang berkaitan dengan Grand Design Pembangunan Kependudukan. Grand Design Pembangunan Kependudukan yang selanjutnya disingkat GDPK adalah arahan kebijakan yang dituangkan dalam program lima tahunan Pembangunan Kependudukan Indonesia untuk mewujudkan target pembangunan kependudukan. Adapun tujuan dari GDPK adalah tercapainya kualitas penduduk yang tinggi sehingga mampu menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan daerah. Penduduk berkualitas sebagai modal pembangunan untuk mencapai Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian yang berlandaskan gotong-royong, terwujudnya penduduk Kulon Progo yang berkualitas, maju, mandiri, sejahtera, berkarakter dan berbudaya serta berdaya saing berdasarkan iman dan taqwa. Hal yang mempengaruhi kualitas penduduk adalah pengendalian kuantitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk dan pembangunan keluarga.

Nara sumber kedua adalah Ibu Dra. Salami, Guru BK dan Penggerak SSK SMA N 1 Pengasih, beliau menyampaikan isu dan permasalahan kependudukan harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Manfaat pemahaman isu kependudukan diantaranya memiliki sikap dan perilaku yang lebih bertanggung jawab mengelola sumber daya yang ada serta merencanakan kehidupan di masa yang akan datang dengan lebih baik, mendorong setiap individu untuk mulai mempersiapkan diri dari sejak dini, dari diri sendiri dan dari sekarang, serta dari hal yang terkecil dalam menghadapi tantangan masa yang akan datang. Laju pertumbuhan penduduk yang begitu pesat tentu saja juga akan menimbulkan permasalahan kependudukan. Melihat kenyataan seperti ini sebagai sekolah siaga kependudukan harus turut andil dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dengan memberikan wawasan/mengeksplor ilmu kependudukan kepada peserta didik agar nantinya dapat turut serta membantu mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

Acara kegitan webinar dibawakan oleh Bapak Ganang Eko Winggih Saputra, S.Pd, Guru Geografi dan Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMA N 1 Pengasih. Selain melalui zoom meeting acara webinar juga disiarkan langsung melalui chanel youtube.

Kami ucapakan terimakasih atas partisipasinya kepada para nara sumber dan seluruh peserta webinar Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa pada kegaiatan webinar selanjutnya. Semoga bermanfaat, salam genre! (tim laman, 10/9/2021)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment