Kegiatan User Education & Information Literacy Library dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

By Ganang Eko WS 20 Jul 2022, 13:55:53 WIB Lainnya
Kegiatan User Education & Information Literacy Library dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Gambar : Kegiatan User Education & Information Literacy Library dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)


Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang dimilki oleh sekolah. Dalam rangka mengoptimalkan fungsinya perpustakaan Pustaka Ananta Loka SMA N 1 Pengasih selalu melakukan berbagai bentuk kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan mutu layanan informasi kepada pemustakanya, khususnya seluruh civitas akademika SMA N 1 Pengasih. Pada hari senin tanggal 11 Juli sampai dengan 15 Juli 2022 SMA N 1 Pengasih melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Berbagai jenis pengenalan lingkungan diadakan agar siswa mengenal lingkungan di SMA N 1 Pengasih, termasuk pengenalan perpustakaan yang merupakan salah satu fasilitas yang dimiiki sekolah. Hal ini dilakukan mengingat akan fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar peserta didik. Perpustakaan Pustaka Ananta Loka melaksanakan kegiatan User Education & Literacy Information Library (Pendidikan Pemakai & Penelusuran Informasi Perpustakaan) dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), salah satu dari tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengenalan tentang hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan Pustaka Ananta Loka seperti fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan Ananta Loka. Peserta User Education Library diikuti oleh seluruh peserta didik Baru tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan lain dari User Education Library dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah agar peserta didik mengenal dan terbiasa untuk berkunjung ke perpustakaan. Fungsi perpustakaan Sekolah tidak hanya sebagai tempat untuk membaca buku akan tetapi banyak hal positif yang bisa dilakukan di perpustakaan. Dengan adanya pengenalan perpustakaan sedini mungkin kepada peserta didik baru diharapkan dapat membantu mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan Pustaka Ananta Loka. Membiasakan peserta didik untuk berkunjung dan membaca buku di perpustakaan.

Pendidikan Pemakai Perpustakaan sekolah menjadi gerbang civitas akademika terutama peserta didik baru dalam memanfaatkan fasilitas dan informasi yang ada di perpustakaan secara optimal. Sering kali ditemukan bahwa siswa baru belum mengetahui tentang keberadaan perpustakaan, letak koleksi, bagaimana menggunakan berbagai fasilitas yang ada di perpustakaan misalnya, menelusur informasi dengan mesin pencarian online seperti memanfaatkan koleksi ebook. Melihat kondisi seperti ini menjadikan perpustakaan harus memberikan pengetahuan kepada pemustaka yang dikenal dengan User Education (Pendidikan Pemustaka). Ada beberapa tujuan dari Pendidikan Pemustaka Perpustakaan diantaranya:

  1. Mempromosikan layanan perpustakaan
  2. Meningkatkan pemanfaatan dan sumber daya perpustakaan
  3. Membekali peserta didik dengan Teknik yang memadai dan sesuai untuk menemukan informasi dalam subyek tertentu
  4. Meningkatkan keterampilan pengguna agar mampu memanfaatkan kemudahan dan sumber daya perpustakaan secara mandiri

Selain ada penjelasan-penjelasan materi kegiatan Pendidikan pemustaka juga ada pemutaran video-video promosi perpustakaan dan praktik penelusuran informasi. Pendidikan pemakai juga menjadi salah satu tempat untuk interaksi antara pustakawan dengan pemustaka sehingga ada komunukasi dua arah. Dengan demikian pemustaka dapat menggunakan perpustakaan secara optimal. Untuk itu kegiatan user education (pendidikan pemakai) harus menjadi kegiatan rutin bagi perpustakaan.

#UserEducationLibrary

#AnantaLokaLibrary

#UserEducation#AnantaLokaLibrary

#SalamLiterasi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment